Saturday, January 14, 2012

Hanya Merasa Harus Melakukannya


Kemarin, 14 Januari, untuk pertama kalinya gue dateng ke JobFair. Tuntutan peran memang. Peran sebagai seorang anak yang pengangguran yang ga mau dibilang ga ada kerjaan dan nganggur lama sama sekitar. Udah mulai bosen ditanyain “uda kerja ya? Kerja dimana Mi sekarang?”. Setengan sedih, setengan kesel, setengah mual, mau ga mau jawab “gue belum kerja” sambil nyengir kuda. Inget! Nyengir kuda! Kuda! *Mendadak emosi gue, sorry

Hmm...sejujurnya gue nofeel bgt ngelakuin jobfair kemarin. No passion, no aim, ga tau ujung harapan gue apa, hasil dari jobfair itu apa, ya, hanya merasa harus melakukannya. Harus dan mau jelas dua kata yang jauh berbeda.

Tanggal 9 kemarin, gue dapet pengumuman Indonesia Mengajar, seneng setengah mati gue nerima email yang bilang kalo gue lolos tahap 1. Kabarnya dari kurang lebih 8500 pelamar, hanya 267 yang lolos tahap 1. How important it is!!! Dan beberapa jam setelah gue nerima kabar bahagia itu, gue malah bingung. 

Gue tau banget gimana dan apa Indonesia Mengajar. Ketika diterima, Pengajar Muda (sebutan untuk mereka yang diterima di Indonesia Mengajar) harus siap ditempatkan dimana saja. Gue tau banget konsekuensi itu. Sayangnya, Ibu gue belum tau! Jangankan konsekuensi yang harus gue jalanin nanti, gue apply Indonesia Mengajar aja Ibu belum tau. Ga tau harus gimana nyampein ke beliau. Gue tau banget, beliau pengen gue kerja di Jakarta, yang bisa pulang balik n tetap tinggal di rumah. Ga pernah sampe hati bilang itu ke beliau. 

Dan sekarang, ngejalanin tahap 2 ini, gue no passion, no aim, ga kebayang gimana ujungnya nanti, gimana harus bilang ke Ibu. Ya, hanya merasa harus melakukannya. Harus dan mau jelas dua kata yang jauh berbeda.
Ini beda banget pas gue ngisi semua essay di form seleksi tahap 1. Ga usah passion or aim, denger Indonesia Mengajar atau Pengajar Muda aja gue udah degdegan parah, saking pengennya, saking ngarepnya, saking yakin ini perjalanan hidup gue selanjutnya setelah lulus kuliah. Ngerjain essay, begadang sampe jam empat juga masih seneng-seneng aja gue lakuin. Karena ini mimpi gue, mimpi besar! Tapi sekarang.. untuk menempuh seleksi tahap 2: hanya merasa harus melakukannya.

Hmm...ini dilematis banget buat gue, satu sisi mimpi yang pengen banget gue perjuangin, satu sisi Ibu pasti sedih banget denger kabar gue ini. Beliau emang ga akan ngelarang gue sacara langsung, tapi gue hampir selalu bisa nengkep dari air muka or mata beliau. Kemudian ini menjadi pertarungan batin, mana yang harus gue pertahanin, ego gue, anak yang belum bisa ngebahagiain Ibu or ego Ibu, yang uda banyak banget ngalah untuk kebahagian gue. Sedih banget ngebayangin ini, sedih!

The End

No comments:

Post a Comment